Advertisement

BORDIR KONVEKSI DEPOK


" bordir adalah sulaman benang menggunakan mesin sebagai penghias yg dibuat di atas bahan tekstil berbentuk tulisan, logo atau gambar,  Istilah bordir lebih dikenal daripada sulam maka sebagian orang mendefinisikan bordir sebagai salah satu kerajinan ragam hias (untuk aksesoris berbagai busana) yang mengutamakan keindahan dan komposisi warna benang pada media kain dengan alat bantu mesin jahit bordir atau mesin jahit bordir komputer. 

Selain benang, hiasan untuk bordir dapat menggunakan aneka jenis bahan-bahan seperti potongan logam,mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet."
Pengrajin Bordir di Indonesia masih tergolong sedikit jumlahnya. Daerah yang sampai kini masih banyak terdapat pengrajin bordir adalah sumatera, jawa , madura dan Bali.Kita perlu maklum dan menyadari bahwa generasi bordir ini masih sedikit lambat, karena walaupun keterampilan bidang ini sangat sederhana dan mudah dipelajari, tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama.keterampilan ini identik dengan seni sehingga dibutuhkan ekstra konsentrasi,kesabaran,niat dan semangat dari seorang tukang bordir.
Dengan berbagai kemajuan  dan perkembangan dalam dunia mode, serta didukung oleh sarana dan prasarana yang lebih  baik dengan daya kreatifitas yang relatif tinggi aplikasi bordir bukan saja untuk berbagai busana, tetapi juga untuk perlengkapan seperti taplak meja, sarung bantal, seprei,sapu tangan ,tutup lemari, tutup tv dan alas seperangkat alat minum.Bahkan hiasan bordir sudah banyak di terapkan dalam hiasan interior dan eksterior rumah. 
Berbeda dengan apa yang di lakukan dalam sablon tadi tapi media yang di gunakan hampir sama,sedangkan  kalau yang dilakukan Bordir ini sendiri adalah tusukan  Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk kelim, dan tusuk silang. Selain dijahit dengan tangan, sulaman dibuat dengan mesin jahit dan Mesin Bordir komputer.
Kain dan benang yang dipakai untuk seni bordir berbeda-beda menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wol, linen, dan sutra sudah dipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modern menggunakan benang sulam dari katun atau rayon  dan lain sebagainya.
Sulam pita adalah sulaman yang menggunakan pita berbagai ukuran dan bahan untuk membuat motif-motif bunga. Pita memberi efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar dari benang. Hasil sulaman pita juga lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar